Tuesday, December 16, 2014

Review Samsung Galaxy Note 4 dan Spesifikasinya

Samsung Galaxy Note 4 merupakan model Smartphone premium kebanggan Samsung di tahun 2014. Saya yang merupakan fans Samsung khususnya Samsung seri Galaxy Note ini tentunya juga ingin turut memilikinya. Akhirnya pada minggu lalu saya memutuskan untuk membelinya dengan harga Rp. 8,4 juta di Lucky Plaza kota Batam. Untuk anda yang berniat untuk membelinya, percayalah, Samsung Galaxy Note 4 tidak akan mengecewakan anda. 
Pada kesempatan ini, saya coba menuliskan review tentang pengalaman saya dalam menggunakan Samsung Galaxy Note 4 selama 3 hari ini. Oh ya, Samsung Galaxy Note 4 yang dijual untuk market Indonesia adalah tipe SM-910H.
Baca juga : Spesifikasi Samsung Galaxy Note 8.

Samsung Galaxy Note 4 Unpacking

Di dalam kotaknya, terdapat 1 unit Samsung Galaxy Note 4, Baterai, Earphone, Adaptive Fast Charger, Buku Manual, Kabel Data (juga berfungsi sebagai Kabel Isi ulang Baterai) dan 5pcs Tips S-Pen Stylus.

Review Samsung Galaxy Note 4


Design

Jika anda sedang mencari sebuah Smartphone yang berkelas tinggi dengan "feel" yang premium. Maka, Samsung Galaxy Note 4 adalah pilihan tepat bagi anda. Meskipun bukan satu-satunya Smartphone berkelas premium di dunia ini. Samsung Galaxy Note 4 memiliki  desain yang elegan dengan material campurannya.
Samsung Galaxy Note 4 menggunakan bahan "Metal" ringan sebagai kerangkanya dan Penutup atau Cover yang berbahan plastik dengan tekstur anti slip sehingga sangat nyaman saat menggenggamnya.
Di sisi kiri dan kanan terdapat tombol Power dan tombol Volume yang memiliki kesan premium dan nyaman digunakan. Desain bentuk S Pen yang hampir sama dengan Galaxy Note 3 memiliki kesan yang biasa-biasa saja.
Spesifikasi Samsung Galaxy Note 4

Baterai

Samsung Galaxy Note 4 menggunakan Baterai 3.220 mAh, daya baterai ini sedikit lebih tinggi dari Galaxy Note 3 yang hanya menggunakan Baterai 3.200mAh. Namun Samsung Galaxy Note 4 memiliki fitur "Ultra Saving Mode" yang dapat meningkatkan daya tahan baterainya.

Fast Charging

Salah satu kemampuan Samsung Galaxy Note 4 yang saya sukai adalah Fast Charging Mode yang mampu mengisi ulang Smartphone kesayangan kita ini dengan cepat. Kira-kira mengisi 50% dalam waktu setengah jam saja. Fitur ini sebenarnya juga didukung oleh Adaptor atau Charger yang di bundel bersama Galaxy Note 4. Adaptor Fast Chargingnya yang memiliki Output yang lebih tinggi daripada biasanya yakni 9 Volt Output.
Adaptor Fast Charging Samsung Galaxy Note 4

Hardware (Perangkat Keras)

Samsung Galaxy Note 4 yang dijual untuk market Indonesia dipersenjatai oleh Prosesor Samsung Exynos 5433 Octa Core yang terdiri dari 1,9GHz Quad Core dan 1,3GHz Quad Core.  Layarnya adalah Quad HD Super OMOLED dengan 1440x2560pixel. Dikatakan Quad HD karena pixel layar tersebut 4 kali lipat daripada layar HD yang 720pixel.
Samsung Galaxy Note 4 diperkuat oleh RAM 3GB dan GPU Mali-T760 serta memiliki Memori Internal hingga 32GB untuk penyimpanan berbagai aplikasi, dokumen, video dan foto.  
Samsung Galaxy Note 4 juga memiliki Kamera yang berkualitas tinggi, Saya sangat puas dengan hasil jepretannya. Kamera depannya 3,7 Megapixel sangat cocok untuk Selfie, terdapat dua selfie mode untuk Kamera depan yaitu normal selfie mode 90 derajat dan wide selfie mode 120 derajat. Sedangkan Kamera Utamanya (Kamera Belakang) sebesar 16 Megapixel dan didukung oleh Smart Autofocus (AF) serta Optical Image Stabilisation (OIS). Kamera Belakang juga dilengkapi oleh Lampu LED Flash.

Software (Perangkat Lunak)

Antarmuka Samsung Galaxy Note 4 masih menggunakan Touchwiz buatan Samsung. Sedangkan versi Android yang di Install didalamnya adalah Android Kitkat versi 4.4.4.

Size (Ukuran)

Samsung Galaxy Note 4 yang berukuran 153,5mm x 78,6mm x 8,5mm dengan berat 176gram termasuk besar, oleh karena itu Galaxy Note 4 digolongkan sebagai Phablet yang berada diantara Phone dan Tablet. Bagi saya, ukuran tersebut nyaman di tangan dan juga tepat di saku, meskipun agak menyita ruang dalam saku. 
Display atau  Layarnya yang berukuran 5,7 inci dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 ini menurut saya lebih nyaman untuk membaca informasi di browser internet, ebook, maupun bermain berbagai aplikasi Games. 

Cover Battery / Penutup Baterai yang dapat dibuka

Cover Battery atau Penutup Baterai Samsung Galaxy Note 4 dapat dibuka sehingga kita dapat mengeluarkan Baterainya dan juga memasukan kartu SIM dan kartu micro SD (maksimum 64GB).
Kita juga dapat mengganti Cover Battery ini dengan S-view flip cover yang dapat mengintip waktu dan informasi lainnya tanpa harus membuka Flip Cover-nya.

Hasil Benchmark Samsung Galaxy Note 4

Berdasarkan aplikasi Antutu, Samsung Galaxy Note 4 mendapat nilai 49147. Silakang lihat hasilnya dibawah ini :
Antutu Benchmark Samsung Galaxy Note 4

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 4 lainnya

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 4 lainnya yang penting untuk diketahui antara lainnya :
- Micro SIM
- Sensor Sidik Jari
- NFC (Near Field Communication)
- Jaringan 2G/3G (GSM/GPRS/EDGE/HSDPA), Khusus Indonesia tidak dilengkapi 4G LTE.
- Inframerah (dapat digunakan untuk Remote TV dan perangkat Elektronika lainnya).
- Video 2160p @30fps, 1080p @60fps, Stabilisasi Optik
- Bluetooth, WIFI

1 comment: