Saturday, November 8, 2014

3 Alasan Mengapa Android Menjadi Lambat dan cara Mengatasinya

3 Alasan Mengapa Android Menjadi Lambat dan cara Mengatasinya - Seperti halnya Komputer, Android yang merupakan salah satu Sistem Operasi Smartphone dan Tablet terbaik di Dunia ini juga mengalami permasalahan Lemot alias Lambat.  Semakin lama dipakai semakin lambat pula kinerjanya. Jadi apa yang sebenarnya membuat Smartphone ataupun Tablet Android kita menjadi lambat? Berikut ini ada 3 Alasan mengapa Sistem Android kita menjadi lambat dan cara mengatasinya.

1. Kehabisan Ruang Penyimpanan (Storage Space)

Kehabisan ruang penyimpanan merupakan penyebab Android menjadi lambat yang paling sering ditemui. Seiring dengan waktu pemakaian kita, aplikasi ataupun data pada aplikasi tersebut pun akan semakin bertambah. Untuk melihat apakah lambatnya Android karena disebabkan oleh semakin sedikitnya ruang penyimpanan (storage space), maka kita dapat memeriksanya di [Setting] kemudian [Storage].
Sebaiknya memiliki 20% sisa di ruang penyimpanan. Jika kurang dari 20%, kinerja Android akan turun dan terasa lemot-nya.
Storage space

Cara Mengatasinya :
Cara Mengatasinya cukup mudah, yaitu dengan :
-Mengurangi jumlah aplikasi atau uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan,
-Bersihkan data cache dan user data. baca : Cara Menghapus atau Clear Cache Aplikasi Android.
-Transfer lagu-lagu, video dan file-file lainnya ke Komputer.
-Pindahkan aplikasi ke SD Card.

2. Terlalu banyak penggunaan Widget di Homescreen

Kebanyakan Widget juga merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi. Kelebihan Android adalah memiliki kemampuan meng-kustomisasi Homescreen dengan berbagai Widget. Sebagian Widget yang kita tampilkan di Homescreen selalu membebani RAM dan CPU sehingga kinerja Sistem Operasi Android pun akan terganggu.

Cara Mengatasinya :
Coba kurangi widget di Homescreen, tampilkan yang seperlunya saja.

3. Terlalu banyak Aplikasi yang jalan di Background

Android memiliki kemampuan untuk menjalan beberapa aplikasi secara bersamaan sehingga banyak aplikasi yang berjalan di background saat kita menggunakan aplikasi lainnya. Dengan banyaknya aplikasi yang jalan di Background, beban RAM dan CPU akan semakin berat. Kinerja Android pun secara otomatis melambat.

Cara Mengatasinya :
Jika anda menggunakan Samsung yang memiliki Tombol [Home], Tekan tombol [Home] tersebut beberapa saat untuk ke Menu pertukaran aplikasi (App Switching), kemudian tekan Ikon yang berbentuk Pie Chart. Dari Menu RAM tersebut dapat diketahui berapa aplikasi yang masih aktif dan jumlah memori yang dipergunakanya. Tekan [Clear Memory] untuk meng-nonaktif-kannya,
RAM Status

Selain penyebab-penyebab diatas, untuk dapat mempertahankan kinerja Android, ada beberapa hal perlu kita perhatikan, diantaranya adalah :
1. Jangan gunakan Live Wallpaper
2. Nonaktifkan Auto update apps
3. Lakukan Re-start Ponsel

Demikian 3 Alasan utama mengapa Smartphone ataupun Tablet Android anda menjadi lambat dan cara-cara untuk mengatasinya.
Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat....

1 comment: