Wednesday, September 24, 2014

Cara Menggunakan Google Maps secara OFFLINE di Smartphone Android


Cara Menggunakan Google Maps secara OFFLINE - Saat kita ingin melakukan perjalanan ke luar negeri yang memerlukan Roaming data yang mahal atau saat kita pergi ke tempat terpencil yang tidak dapat dijangkau oleh Network Operator Telekomunikasi, tetapi kita masih ingin menggunakan Smartphone untuk melakukan Navigasi agar kita dapat mengetahui lokasi keberadaan kita dan tentunya untuk menemukan jalan pulang ke Hotel atau rumah. Oleh karena itu kita memerlukan GPS dan aplikasi Peta (Maps) sebagai penunjuk jalan yang dapat bekerja secara OFFLINE tanpa harus terkoneksi ke paket data internet. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Google Maps yang merupakan bawaan dari hampir semua Smartphone Android.
Saat ini, Google Maps telah tersedia fitur penyimpanan Peta sehingga kita dapat menggunakannya secara OFFLINE, artinya saat kita tidak terhubung dengan Operator Telekomunikasi ataupun kita dapat menon-aktifkan paket data saat kita berada di luar negeri, kita tetap saja dapat menggunakan layanan Google Maps.
Bagaimana caranya? Silakan lihat langkah-langkah berikut ini.

Langkah-langkah menyimpan Peta di Google Maps

Langkah-langkah dibawah ini memerlukan Paket Data Internet untuk dapat menyimpan Peta-nya.
1. Sentuh Icon Google Maps
google maps
2. Ketikan lokasi yang ingin anda simpan di kotak pencarian
    Contoh : Shanghai
3. Sentuh Tulisan Shanghai untuk memunculkan "Save map to use offline"
4. Sentuh "Save map to use offline"
5. Ketikan nama yang diinginkan dalam kotak "Name offline map"
6. Sentuh [Save], Google Maps akan melakukan saving (penyimpanan).


Satu hal yang perlu diperhatikan adalah waktu kadaluarsa (expire) Google Maps yang disimpan OFFLINE. Google Maps mengharuskan kita melakukan update Maps setiap 30 hari. Jika tidak, Peta yang kita simpan sebelumnya akan hilang dan kita harus menyimpannya saat kita memerlukannya lagi. Berikut ini caranya untuk update peta Google Maps sebelum waktu kadaluarsa (expire)

Update Peta Google Maps sebelum waktu kadaluarsa 

1. Masuk ke Google Maps
2. Masuk ke menu Google Maps
Menu Setting Google Maps
3. Di Menu, sentuh [Your places]
Menu your places google maps
4. Sentuhlah Peta yang ingin di update.
update peta google maps


Demikian cara untuk menyimpan Peta Google Maps agar dapat digunakan saat Smarphone kita lagi OFFLINE.
Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba.

4 comments:

  1. makasih gan infonya.. :)

    Saya juga ada artikel tentang offline map tapi pakai app lain.. silakan kunjungi http://rezzsatria.blogspot.com/2015/06/sygic-peta-gps-android-yang-bisa.html

    ReplyDelete
  2. yang terjadi dg hp sya (xperia ray) belum 30 hari sudah expired dulu.. :( rata-rata cm bertahan 18-24jam sudah minta update, sya teliti selama 5 hari, apk maps sudah paling update.. knpa om?

    ReplyDelete