Wednesday, August 7, 2013

Cara Ambil Screenshot (Screen Capture) di Samsung Galaxy Note 2

Samsung Galaxy Note 2 merupakan Ponsel Samsung seri Galaxy yang memakai Sistem Operasi Android dengan fitur yang canggih. Salah satu kelebihan Galaxy Note adalah memiliki S PEN yang menurut saya sangat bermanfaat dalam menuliskan Catatan dalam kondisi Urgent. Selain menuliskan Catatan, salah satu fungsi S Pen lainnya adalah ambil Screenshot atau Screen Capture sesuai dengan keinginan kita. Berikut ini saya ingin sharingkan cara untuk mengambil Screenshot baik dengan menggunakan S PEN maupun hanya dengan menekankan tombol.

Berikut ini ada 3 cara yang mudah untuk ambil screenshot di Samsung Galaxy Note 2 :
  1. Cara ini merupakan cara yang paling umum dilakukan yaitu dengan menekan tombol [Power] dan [Home] secara bersamaan sampai terdengar suara dan kedipan screen yang artinya Screenshot sudah di Capture.
  2. Cara kedua ini adalah dengan menggunakan S PEN, Cabut S Pen Galaxy Note anda dan pergi ke Screen atau tampilan layar yang akan diambil Screenshot-nya. Tekan tombol yang terdapat di S PEN, kemudian sentuh layar (S PEN anda dapat menyentuh layar bagian mana saja) dan tunggu beberapa saat (tombol S Pen jangan dilepaskan), maka akan muncul suara dan kedipan pemberitahuan bahwa Screenshot telah siap diambil.
     
  3. Jika anda ingin ambil Screenshot di bagian tertentu saja, Samsung Galaxy Note juga dapat melakukannya. Cabut S PEN Galaxy Note anda dan pergi ke Screen atau tampilan layar yang akan di ambil Screenshot-nya. Tekan Tombol yang ada di S PEN dan gambarkan area yang diinginkan (tombol S PEN jangan dilepaskan). Berikan waktu kepada Galaxy Note untuk melakukan proses. Area yang digambar tadi akan muncul di layar yang artinya Screenshot anda telah diambil. Jika Screenshot tersebut tidak sesuai dengan harapan, maka anda dapat sentuh tanda [x] untuk membatalkannya.

Sekian 3 cara mudah untuk ambil Screenshot (Capture Screen) di Samsung Galaxy Note 2.
Hasilnya Screenshot-nya dapat di lihat di Aplikasi Gallery pada folder Screenshots.
Semoga bermanfaat....

4 comments:

  1. Malam.. Saya mau tanya.. Samsung galaxy mote 2 saya selalu bisa screenshot dan tersimpan di gallery, namun pada hari ini foto yg saya screenshot tidak tersimpan di gallery disebabkan karena apa ya? Mungkin bro tau penyebabnya.. Thanks sebelumnya :)

    ReplyDelete
  2. screenshot ics ke atas kan sudah uniersal, tinggal tekan tombol power + volume down

    Tutorial Android

    ReplyDelete