Tuesday, January 6, 2015

4 Hal yang harus dilakukan sebelum menjual Smartphone atau Tablet anda

Smartphone ataupun Tablet merupakan salah satu produk yang memiliki perkembangan Teknologi tercepat. Setiap Tahun bahkan setiap bulan, model-model baru dengan Inovasi terbaru bermunculan merebut hati konsumen yang senang dengan gadget-gadget berukuran kurang dari10 inci ini. Setiap adanya model baru dengan inovasi terbaru, para pecinta gadget sudah tidak sabar lagi untuk memilikinya. Jika telah memiliki gadget terbaru, maka gadget lamanya akan dijual ataupun diberikan kepada orang lain. Beberapa cara yang sering digunakan untuk menggantikan Smartphone atau Tablet adalah dengan cara tukar tambah ke toko ponsel, menjualnya ke teman atau jual ke toko online seperti ebay. Tentunya ada juga yang memberikan Smartphone atau Tablet lamanya kepada anggota keluarga ataupun teman baik.

Sebelum memberikan atau menjual Smartphone yang pernah kita sayangi ini kepada pihak lain (siapapun itu), sebaiknya kita melakukan 4 hal dibawah ini agar kita tidak kehilangan data-data penting dan juga mencegah bocornya foto-foto dan data pribadi kita ke tangan orang lain. Lebih parahnya lagi kalau pihak yang mendapatkan foto atau data pribadi kita ini melakukan hal-hal yang merugikan kita. Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, lakukanlah 4 hal di bawah ini :

1. Back up semua Data kita

Saat ini, Smartphone atau Tablet boleh dikatakan sebagai Teman terdekat kita, karena hampir setiap saat menempel di badan kita. Kita menggunakannya untuk berkomunikasi dengan teman, mitra bisnis dan keluarga kita, mengambil foto, ber-selfie, merekam video, mencatat kegiatan kita sehari-hari ataupun menyimpan data-data penting pribadi kita. Data-data teman atau relasi kita juga tersimpan didalamnya, contohnya seperti nomor telepon, alamat email dan mungkin juga informasi bisnis lainnya. Oleh karena itu, supaya data-data tersebut baik yang berbentuk Catatan, Video, Foto, Suara, Musik maupun Email, sebaiknya kita melakukan Back up terlebih dahulu sebelum melakukan penghapusan data. Apapun Smartphone atau Tablet anda, baik itu Android, iPhone, Windows Phone maupun Blackberry, sudah tersedia cara yang mudah dan praktis dalam melakukan Backup. Ingat, kita dapat membeli Ponsel atau Tablet baru, tetapi data yang hilang akan sangat sulit bahkan tidak bisa dikembalikan lagi.

2. Hapus Semua Data kita

Langkah kedua setelah Back up Data adalah menghapus semua data kita yang terdapat dalam Internal memori Smartphone ataupun Tablet kita. Tentunya kita tidak ingin pihak lain mendapatkan Foto-foto kita, Data-data pribadi kita ataupun data-data penting dan rahasia lainnya. Cara menghapus data pun sangat mudah, hanya beberapa langkah saja untuk melakukannya. Tetapi jika kita tidak melakukannya, kemungkinan kita akan menyesal di kemudian hari. Jadi hapuslah semua data kita yang terdapat di dalam Smartphone maupun Tablet sebelum menjualnya kepada pihak lain.
Perlu diingat, data yang sudah dihapus tidak dapat dikembalikan lagi, jadi ingatlah untuk Backup Data sebelum menghapusnya.

3. Ingat keluarkan Kartu SIM anda

Saat kita menjual ponsel, jangan lupa keluarkan kartu SIM kita. Meskipun saat ini kartu SIM dapat kita beli dengan mudah, tapi harus diingat, kartu SIM adalah nomor telepon GSM kita. Apalagi nomor telepon tersebut sudah diketahui kebanyakan teman kita. Jika terjadi kehilangan kartu SIM, teman-teman kita akan sulit untuk menghubungi kita.

4. Menghapus Data pada Kartu Memori (SD Card)

Kebanyakan Smartphone Android memiliki penyimpanan eksternal, jika anda ingin memberikan Bonus kartu Memori saat menjualnya, maka jangan lupa menghapus semua data yang terdapat di dalam kartu Memori.

2 comments:

  1. terima kasih
    http://www.dhanhariz.esy.es/2014/11/makalah-sejarah-masuknya-islam-di-jawa.html

    ReplyDelete