Saturday, August 2, 2014

Cara Cek Nomor IMEI di Handphone Android

Cara Cek Nomor IMEI di Handphone Android - IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity dan pada umumnya terdiri dari 15 digit atau nomor unik yang merupakan nomor identitas untuk mengidentifikasikan Ponsel (Handphone ataupun Tablet PC) yang beroperasi pada jaringan GSM, UMTS dan LTE. Dengan kata lain setiap Ponsel ataupun Tablet PC memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda, jadi tidak ada satupun Ponsel yang memiliki nomor IMEI yang sama. Nomor IMEI ini telah dimasukan (disimpan) ke Ponsel atau Tablet PC saat di produksi, jadi nomor tersebut akan mengikuti Ponsel tanpa dipengaruhi oleh kartu SIM dari penyedia Network seperti Telkomsel, Indosat, Three, ataupun XL.

cara cek nomor IMEI ponsel (Samsung)Salah satu fungsi nomor IMEI adalah untuk mencegah Handphone kita digunakan oleh orang lain ketika ponsel kita tersebut hilang atau dicuri. Kita dapat menghubungi penyedia jaringan GSM untuk memblokir nomor IMEI yang bersangkutan sehingga Handphone kita yang hilang tersebut tidak dapat digunakan lagi. Meskipun kartu SIM diganti, Handphone tersebut tetap saja tidak dapat dipakai.
Selain fungsi diatas, nomor IMEI juga dapat kita gunakan untuk melacak keberadaan Handphone/Tablet kita dengan menggunakan beberapa Website yang menyediakan layanan Tracking nomor IMEI (pelacakan nomor IMEI).
Dengan demikian, sangat dianjurkan sekali untuk mengetahui nomor IMEI ponsel kita sendiri.

Cara Mengecek Nomor IMEI di Handphone Android

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui nomor IMEI di handphone atau Tablet PC Android. Berikut ini cara-caranya :

Cara Pertama

  • Pada saat Ponsel aktif, buka Dialpad dan Tekan *#06# 

Cara Kedua

  • Ponsel Android pada umumnya : Pada saat Ponsel aktif, buka menu [Setting] dan cari [About phone] kemudian [Status] dan lihat nomor IMEI-nya.
  • Ponsel Android Samsung Galaxy : Pada saat Ponsel aktif, lakukan langkah berikut ini :
    • [Setting] > [General] > [About device] > [Status] > lihat IMEI

 

Cara Ketiga

  • Pada saat Ponsel non-aktif (OFF), buka cover dan Battery, lihat sticker yang tertempel didalamnya. Pada umumnya, Sticker atau label tersebut akan terdapat nomor IMEI dan juga nomor Serial Ponsel.

No comments:

Post a Comment