Saturday, January 25, 2014

Cara Menggantikan Nama Bluetooth (Device Name) di Perangkat Smartphone dan Tablet Android

Bluetooth merupakan salah satu media komunikasi dan pertukaran data (data exchange) tanpa kabel (wireless) yang paling populer pada saat ini. Meskipun tergolong Teknologi yang sudah lama, tetapi saat ini, hampir setiap perangkat smartphone, tablet, laptop, bahkan Televisi pun sudah dibekali dengan Teknologi bluetooth ini. Bluetooth memang mengalami perkembangan yang sangat pesat mulai dari versinya 1.0 yang dirilis pada tahun 1999 hingga saat ini sudah mencapai versi 4.0. yang mengkonsumsi energi rendah (low energy) sehingga sangat cocok untuk perangkat mobile seperti Smartphone dan Tablet.

Karena banyaknya perangkat Smartphone dan Tablet di sekitar kita yang menggunakan Bluetooth sebagai media Transfer file atau Komunikasi, banyak juga diantaranya yang lupa atau sengaja untuk tidak me-nonaktif-kan signal bluetooth mereka sehingga Perangkat Smartphone atau Tablet kita menerima banyak signal bluetooth terutama saat kita ingin melakukan pemindahan file. Kadang0kadang kita tidak tahu mana Smartphone/Tablet kita atau Teman kita.
Oleh karena itu, pergantian nama perangkat (Device Name) untuk Bluetooth sangatlah penting, agar file atau data yang ingin kita transfer tersebut tidak salah alamat alias tidak salah perangkat. Apalagi yang ingin kita Transfer tersebut adalah penting dan rahasia. Disamping itu, menggunakan Nama kita sendiri di perangkat Smartphone atau Tablet kita ini juga dapat meningkatkan personalitas pribadi kita.
Secara default atau asli setting dari perusahaan produsen, nama perangkat atau Device Name yang biasanya dipakai adalah nama kode model Smartphone atau Tablet yang bersangkutan, contohnya : SM-N900 (Untuk Samsung Galaxy Note 3), GT-I9500 (untuk Samsung Galaxy S4)
Setelah kita mengetahui secara singkat tentang Bluetooth dan penting menggantikan nama perangkat kita terutama nama Bluetooth, maka berikut ini adalah cara untuk menggantikan nama bluetooth atau device name di Smartphone atau Tablet Android anda.

Setting Nama Bluetooth atau Nama Perangkat (Device Name) di Smartphone

(Berikut ini saya menggunakan Samsung Galaxy Note 3 (SM-N900) Android versi 4.3 sebagai contoh settingnya)

1. Masuk ke Setting

2. Klik [General] di atas kanan
3. Kemudian scroll Menu General ke paling bawah
4. Klik [About Device]
5. Klik [Device name] di menu About Device
6. Isikan Nama sesuai dengan Keinginan anda
7. Klik OK.



Setting Nama Bluetooth atau Nama Perangkat (Device Name) di Tablet

(Saya menggunakan Samsung Galaxy Tab 7 Plus (GT-P6200) Android versi 4.1.2 sebagai contohnya)
1. Masuk ke Setting
2. ON-kan Bluetooth dengan menggeserkan Tombol di samping kata "Bluetooth"
3. Klik [Menu] --> Gambar yang berbentuk 3 garis di atas kanan
4. Pilih [Rename device]
5. Gantilah nama sesuai dengan keinginan kita.
6. Klik [OK]

Dengan menggantikan Device Name (Nama Perangkat) secara otomatis nama bluetooth perangkat android anda juga akan berubah sesuai dengan nama perangkat anda.

Demikian cara untuk menggantikan Device name (Nama Perangkat) ataupun nama bluetooth di perangkat Android anda.
Semoga bermanfaat ....

1 comment: