Friday, October 11, 2013

Fungsi-fungsi S Pen Samsung Galaxy Note 2

S Pen merupakan ciri khas Samsung Galaxy Note. Tanpa S Pen, Samsung Galaxy Note hanyalah Smartphone yang tidak jauh beda dengan saudaranya seperti Galaxy S3 ataupun Galaxy Tab. Salah satu faktor utama banyaknya peminat Samsung Galaxy Note adalah karena adanya S Pen yang dapat digunakan untuk menulis catatan terutama catatan pada S Note yang juga merupakan aplikasi bawaan dari Samsung Galaxy Note. Tapi tahukah anda Fungsi-fungsi S Pen selain menulis catatan ?

S Pen tidak hanya sebatas stylus yang diperuntukan untuk menulis di atas layar Galaxy Note. Tetapi S Pen juga memiliki Fungsi lain yang sangat berguna dalam kegiatan sehari-hari seperti melihat Photo, menonton Video ataupun membaca dan menulis Email.


Nah berikut ini saya coba bahas mengenai fungsi-fungsi S Pen yang terdapat di Samsung Galaxy Note.

Video Air View

Anda dapat melihat adegan yang diinginkan tanpa harus memberhentikan sementara (Pause) Video yang sedang ditonton. Caranya hanya perlu mendekatkan S Pen (jangan sentuh layarnya) anda dengan Time Line Video dibagian yang diinginkan. Jendela Video Popup kecil akan muncul dan anda dapat menemukan adegan yang anda inginkan. Fitur ini hanya berlaku di Samsung Video Player.
video air view spen

Photo Air View

Anda dapat melihat photo-photo yang ada didalam Folder tanpa harus masuk ke dalam foldernya, hal ini mempermudah kita dalam mencari atau preview Photo yang kita inginkan. Caranya hanya perlu mendekatkan S Pen (jangan sentuh layarnya) anda di Folder Photo yang dinginkan, maka akan muncul maksimum 9 Photo yang terdapat di Folder tersebut. Jika dalam folder tersebut terdapat lebih dari 9 Photo, maka pada beberapa detik kemudian akan ganti ke Photo-photo lainnya. Fitur ini hanya berlaku di Photo Gallery bawaan Samsung Galaxy Note.
photo air view spen


Email Air View

Anda dapat membaca isi Email dari Daftar Email tanpa harus membukanya. Hal ini dapat mempercepat kita dalam mencari Email atau preview Email yang kita inginkan.
Caranya hanya perlu mendekat S Pen (jangan sentuh layarnya) anda di Email yang anda inginkan. Fitur ini hanya berlaku pada aplikasi Email bawaan Samsung Galaxy Note.

S Planner Air View

Anda dapat melakukan preview kegiatan atau janji pada hari yang diinginakn di S Planner Bulanan. Caranya adalah dengan mendekatkan S Pen (jangan sentuh layarnya) di tanggal yang anda inginkan. Fitur ini hanya berlaku di S Planner bawaan Samsung Galaxy Note.

Isyarat S Pen (S Pen Gesture)

Dengan S Pen kita dapat melakukan beberapa perintah ataupun Isyarat (dalam bahasa Inggris disebut dengan Gesture) dengan menuliskan Kode pada layar Galaxy Note. Beberapa perintah (gesture) tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Menu                  : Membuka Menu Option
Back                   : Kembali halaman sebelumnya
Popup Note         : menampilkan S Note (catatan)
Screen Capture   : Melakukan Print Screen / Screenshot seluruh display
Text selection    : Menyeleksi tulisan
Easy Clip            : Melakukan Print Screen / Screenshot pada area tertentu display
Quick Command : menampilkan window Quick Command

Catatan : 
untuk dapat menjalankan Isyarat atau Gesture tersebut diatas, kita harus menekan tombol yang terdapat di S Pen.

1 comment: