Sunday, May 10, 2015

Cara Menggunakan Google Drive pada Smartphone Android

Cara Menggunakan Google Drive pada Smartphone Android - Google Drive adalah layanan penyimpanan yang disediakan oleh Google melalui jaringan Internet atau online. Layanan penyimpanan online ini sering juga disebut dengan "Cloud Storage". Pada dasarnya, yang dimaksud dengan Cloud Storage adalah sebuah Teknologi penyimpanan data digital yang menggunakan Server virtual sebagai media penyimpanan. Jadi dengan adanya Google Drive yang berteknologi Cloud Storage ini, kita dapat menyimpan file penting kita baik berupa dokumen ataupun foto secara online tanpa harus kuatir dengan rusaknya kartu SD ataupun perangkat Smartphone kita. Kita juga dapat mengakses File atau Foto kita yang telah tersimpan di dalam Google Drive tersebut dengan perangkat online apa saja seperti di Komputer maupun iPad dan jenis Tablet PC lainnya.

Google Drive yang diluncurkan oleh Google pada bulan April 2012 ini secara otomatis telah di install dalam setiap Smartphone Android kita, sehingga kita tidak perlu menginstallnya lagi lewat Playstore Google. Namun jika anda tidak menemukan aplikasi Google Drive ini di Smartphone anda, maka anda juga dapat dengan mudah mendapatkan melalui Playstore Google. Untuk mendapatkan layanan Google Drive ini, anda terlebih dahulu harus memiliki Akun Gmail yang disediakan oleh Google. Dan tentunya, setiap pengguna Smartphone Android diwajibkan untuk memiliki Akun Google pada saat pertama kali mengaktifkan Smartphone-nya. Google Drive menyediakan Kapasitas penyimpanan hingga 15GB secara untuk setiap akun atau user gmail-nya.

Keuntungan menggunakan Google Drive sebagai Media Penyimpan anda

Pada dasarnya menyimpan File (Dokumen dan Foto) di dalam Google Drive memiliki banyak keuntungan, berikut ini adalah 3 keuntungan utamanya :
  1. File (Dokumen/Foto) dapat diakses dimana saja (tentunya harus didukung dengan hubungan jaringan internet / Online).
  2. Kita dapat berbagi file-file tertentu kepada teman-teman ataupun kolega kerja 
  3. Keamanan file sehingga kita perlu kuatir akan kehilangan file-file penting kita akibat rusaknya Smartphone atau SD kita.  
Namun hal yang perlu diingat, penyimpanan dan akses file yang terdapat di Google Drive memerlukan Jaringan Internet sehingga kita harus terhubung secara Online agar dapat mengakses Google Drive tersebut.

Cara Menyimpan Foto atau Video ke dalam Google Drive pada Smartphone Android

Disini saya akan membahas dua cara untuk menyimpan file-file ke dalam Google Drive yaitu dengan Photo Gallery untuk file yang berbentuk Foto dan Video, sedangkan untuk file-file dokumen lainnya kita dapat menggunakan File Explorer.

Menyimpan Foto dan Video ke Google Drive dengan Photo Gallery

Untuk file yang berbentuk Foto ataupun Video, kita dapat menggunakan aplikasi Photo Gallery yang disediakan oleh Android. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyimpan foto dan video ke dalam Google Drive dengan menggunakan Photo Gallery.
  1. Masuk ke aplikasi Photo Gallery
  2. Pilih Gambar, Foto atau Video yang diinginkan 
  3. Sentuh ikon [Share] untuk memunculkan beberapa pilihan aplikasi Share yang terdapat pada Smartphone Android.
  4. Pilih dan sentuh [Google Drive]
  5. Di Menu "Save to Drive", pilih [Save]

Cara Menyimpan File ke dalam Google Drive dengan File Explorer

File-file yang berbentuk Spreadsheet, Text, Note, Word dan lainnya dapat menggunakan File Explorer untuk menyimpannya ke Google Drive.
  1. Masuk ke aplikasi File Explorer, dalam artikel ini saya akan menggunakan aplikasi File Explorer bawaan Samsung Galaxy Note yaitu aplikasi "My Files".
  2. Cari dan Pilih file yang diinginkan 
  3. Sentuh ikon [Share] untuk memunculkan beberapa pilihan aplikasi Share yang terdapat pada Smartphone Android.
  4. Pilih dan Sentuh [Google Drive]
  5. Di Menu "Save to Drive", pilih [Save]


Untuk melihat File atau Foto anda di dalam Google Drive, silakan masuk ke aplikasi Google Drive dan periksa apakah file (foto, video, dokumen) sudah berhasil diupload.

Cara berbagi File (Foto/Video/Dokumen) dari Google Drive

Setelah file (foto/video/dokumen) tersimpan di dalam Google Drive, jika kita ingin file yang disimpan tersebut dapat  dilihat oleh teman-teman tertentu, kita dapat membaginya melalui Email atau aplikasi chatting lainnya. Jadi hanya orang yang memiliki alamat link yang diberikan tersebut yang dapat melihat isi daripada file yang kita bagikan.
Berikut ini langkah-langkahnya :
  1. Masuk ke Google Drive
  2. Pilih file yang ingin dibagikan, baik file yang berbentuk foto, video maupun dokumen.
  3. Tekan file yang dipilih tersebut beberapa saat hingga muncul menu pilihan tindakan.
  4. Pilih [Share link] dengan cara menyentuh pilihan tersebut.
  5. Pilih dan sentuh [Email] (atau yang lainnya sesuai dengan keinginan kita)
  6. Tuliskan tujuan alamat email yang ingin kita bagikan pada aplikasi Email.
 

Demikian cara menggunakan Google Drive pada Smartphone Android, semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. thanks min udah share infonya.. snagat bermanfaat
    solder uap

    ReplyDelete