Wednesday, October 30, 2013

Cara Test Kecepatan Internet di Smartphone / Tablet Android (Speedtest)

Apakah anda telah membeli Paket Internet untuk Smartphone atau Tablet Android anda dari berbagai Internet provider? Sebut saja dari Telkomsel, Indosat, XL, 3 (Three) ataupun Axis. Beranekaragam Internet Speed (Kecepatan Akses Internet) pun ditawarkannya disamping harga Paketnya. Memang, untuk membeli Paket Internet, kita perlu memperhatikan Harga Paket Internet, Kuota Internet, daerah jangkauan Internet Provider yang bersangkutan dan tentunya kecepatan akses Internet. Oleh karena itu, kita perlu mencermati setiap paket internet yang ditawarkan Internet Provider sesuai dengan kebutuhan kita sebelum memutuskan untuk membelinya agar tidak kecewa dikemudian hari.

Nah, seperti yang telah disampaikan tadi, bahwa Kecepatan Internet merupakan salah satu faktor penting dalam ber-internet-ria. Dengan Kecepatan Intenet yang tinggi, kita dapat menikmati konten internet baik berupa tulisan, audio maupun video dengan kepuasan tersendiri.
Beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet diantaranya adalah Jarak Server dengan pengguna (kita), Kondisi Server, Kondisi Traffic Internet dan juga kekuatan sinyal. Jadi jika hasil pengukuran (Test) berbeda dengan yang ditawarkan, jangan langsung menyalahkan Internet Providernya karena ada faktor-faktor diatas yang mempengaruhinya.
Untuk melakukan Test Kecepatan Internet di Smartphone ataupun Tablet Android, kita memerlukan sebuah Aplikasi Android yang bernama "Speedtest" buatan Developer OOKLA. Aplikasi Android Speedtest ini dapat kita Download dari Google Play Store secara gratis.
Test Kecepatan Internet ini juga berlaku untuk Koneksi Wifi.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan Test Kecepatan Internet pada Smartphone / Tablet Android :
  1. Download Aplikasi "Speedtest" di Google Play Store.
  2. Setelah Download, Klik Icon "Speedtest" untuk memasuki aplikasi tersebut.
  3. Tunggu sebentar, Speedtest akan mencari Lokasi Server terdekat untuk menguji kecepatan Internet.
  4. Klik [Begin Test].
  5. Aplikasi Speedtest akan mengukur 3 parameter kecepatan Internet. Ketiga parameter tersebut antara lain adalah Kecepatan PING, Kecepatan DOWNLOAD dan Kecepatan UPLOAD.
  6. Setelah Selesai, semua hasil pengukuran seperti Kecepatan PING, Kecepatan DOWNLOAD dan Kecepatan UPLOAD akan ditampilkan satu per satu seperti contoh dibawah ini :
  7. Jika anda ingin melakukan Test Ulang, silakan klik [Restart Test], Speedtest akan melakukan pengukuran ulang terhadap kecepatan parameter yang disebut diatas. 

Tambahan :
  • Hasil Test akan disimpan di halaman "Result", kita dapat melihatnya dengan Klik [Result]. Semua History hasil Test Kecepatan akan ditampilkan. 
  • Kita juga dapat merubah unit kecepatan dari Mbps ke kB/s di halaman "Setting" Speedtest.

2 comments: