Saturday, September 28, 2013

Cara Setting/Setup Email di Smartphone ataupun Tablet PC Android

setting email di android samsung
Salah satu fungsi Smartphone dan Tablet PC adalah dapat dengan mudah menerima dan mengirimkan Email (Surat Elektronik), Aplikasi Email yang terdapat pada Smartphone/Tablet tersebut sangat membantu kita untuk mengetahui update Email terbaru tanpa harus memasuki Browser internet terlebih dahulu sehingga sangat menghemat waktu dan juga menghemat paket data Internet kita. Aplikasi Email yang terdapat di Smartphone ataupun Tablet Android merupakan bawaan dari Sistem Operasi Android, jadi kita tidak perlu melakukan Install lagi.
Hampir semua penyedia Alamat Email dapat di Setting/Setup ke Aplikasi Email bawaan Sistem Operasi Android ini, pneyedia Email (Email Provider) yang sangat populer saat ini diantaranya adalah Gmail, Yahoo, Hotmail maupun Microsoft Exhange.
Kita juga dapat menggabungkan Email-email dari beberapa penyedia Email ini di dalam satu Aplikasi Email. misalnya menggabungkan Email Yahoo dan Gmail dan juga Hotmail dalam satu aplikasi Email ini.
Sebelumnya, tentu anda harus memiliki Alamat Email untuk dapat melakukan Setting Email. Jika tidak ada Alamat Email, maka  anda dapat membuatnya secara gratis. Anda dapat melihat artikel ini : Cara Membuat Account Email baru secara gratis di Gmail.
Oke, setelah sedikit kata pembukaan diatas, maka berikut ini saya ingin sharing sedikit tips dan tricks mengenai cara setting Email di Aplikasi Email bawaan Sistem Operasi Android.
Saya menggunakan Samsung Galaxy Tab yang bersistem Opeasi Android Jelly Bean (versi 4.1) sebagai contoh dan screenshot-nya. Tetapi pada dasarnya Smartphone/Handphone dan Tablet PC yang bermerek dan bertipe apapun dapat menggunakan cara yang akan saya sharing ini.

Berikut ini cara untuk setting Email di Smartphone ataupun Tablet PC Android :

  1. Di Home Android, Klik [Apps]
  2. Cari Ikon Email dan Klik Ikon [Email] tersebut
  3. Di Menu "Setup Email", masukan Alamat Email anda (contoh : namaanda@gmail.com)
  4. Masukkan Password anda
  5. Klik [Next]
    cara setting setup email di Smartphone dan Tablet android
  6. Tunggu sebentar, Smartphone/Tablet Android anda akan melakukan koneksi ke server Email anda
  7. Setelah setelah Verifikasi, akan muncul Menu "Account Options". Disini anda dapat menentukan jangka waktu Smartphone atau Tablet Android anda melakukan auto Sinkronisasi Email, mulai dari setiap 5 menit sampai 1 hari sekali.
  8. Klik [Next] untuk melanjutkan langkah seterusnya.
  9. Pastikan Alamat Email anda telah benar. Anda juga dapat mengganti Nama yang akan ditampilkan pada setiap mengirim Email.
  10. Klik [Done] jika semuanya sudah sesuai dengan keinginan.
    setup email di handphone android

Berikut ini adalah contoh aplikasi Email Android yang telah siap di Setup :
Anda dapat tambahkan Alamat Email lainnya di dalam satu aplikasi Email ini.

Selamat mencoba....
Semoga bermanfaat....

  

3 comments: